Header Ads

GOOD BYE NELSON MANDELA

   Nelson Mandela adalah tokoh bangsa afrika yang berhasil membuat suatu perubahan di sana, karena ia telah membuat perubahan dengan memberikan kehidupan anti apartheid.
   Apartheid dalam arti bahasa afrika adalah,  apart = memisah, heid=  sistem atau hukum. Jadi  sistem pemisahan ras yang diterapkan oleh pemerintah kulit putih di Afrika Selatan dari sekitar awal abad ke-20 hingga tahun 1990.
   Ia memperoleh pengakuan internasional atas sikap anti-kolonial dan anti-apartheidnya, menerima lebih dari 250 penghargaan, termasuk Hadiah Perdamaian Nobel pada tahun 1993, Medali Kebebasan Presiden Amerika Serikat. Ia sangat dihormati di Afrika Selatan dan,  Nelson Mandela sering dijuluki "bapak bangsa".Di Pemerintahannya Mandela mewarisi negara dengan kesenjangan kekayaan dan jasa yang sangat besar di kalangan masyarakat kulit putih dan hitam. 
   Di seluruh dunia, Mandela terlihat seperti "otoritas moral' yang memiliki "kepedulian terhadap kebenaran" yang besar.Dianggap ramah, Mandela tampak "santai" ketika berbicara dengan orang lain, termasuk para saingannya. Meski sering berteman dengan millioner dan tamu penting, ia menikmati berbicara dengan staf-staf mereka saat menjalankan tugas resmi. Di kehidupan akhirnya, ia dikenal mencari hal terbaik dari setiap orang, bahkan mempertahankan saingan politiknya sebagai sekutunya beberapa orang menganggapnya terlalu mempercayai orang lain. Ia terkenal karena keras kepala dan kesetiaannya, dan memiliki "temperamen panas" yang dapat meledak menjadi amarah dalam situasi tertentu, serta "murung dan gundah" ketika menjauhi mata publik. Ia juga memiliki rasa humor dan sering jahil.
   Nelson Mandela juga sangat menyukai batik asal indonesia berawal dari pertemuan Mandela ke indonesia dengan presiden soeharto pada waktu itu. Dengan diggunakannya batik tersebut, popularitas mengenai batik itu sendiri menjadi nilai lebih untuk seni keindahan pakaian khas negara kita. Selamat jalan Nelson Mandela, terima kasih dengan perjuanganmu melawan rasis dan membuat perubahan dimana sebuah perbedaan bukanlah jawaban, namun persatuanlah yang akan menumbuhkan perdamaian dunia.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.