Header Ads

Pengaruh Jumlah Uang Beredar terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

                             Pengaruh Jumlah Uang Beredar terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

 Uang adalah segala sesuatu yang umum dipergunakan sebagai alat penukar. Uang mempunyai peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Setiap orang pasti membutuhkan uang. Kebijakan Pemerintah sangat penting dalam menentukan jumlah uang yang beredar.Uang beredar merupakan penjumlahan dari semua uang kartal dan uang giral yang ada di tangan masyarakat.    
   Jumlah uang beredar berhubungan positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.  Hal ini berarti bahwa semakin meningkat jumlah uang beredar, maka pertumbuhan ekonomi Indonesia akan semakin meningkat. jumlah uang beradar berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Berdasarkan dengan hipotesa Keynes, yakni, penawaran uang (Money Supply) memiliki pengaruh positif terhadap output dan pertumbuhan ekonomi.
   Apabila terjadi kelebihan jumlah uang beredar, Bank Indonesia akan mengambil kebijakan (menurunkan) tingkat suku bunga. Kondisi ini mendorong para investor untuk melakukan investasi, yang pada akhirnya akan menciptakan kenaikan outputdan memicu pertumbuhan ekonomi. Sebaliknya, permintaan uang akan memiliki hubungan negatif terhadap output.

   Meningkatnya permintaan uang akan berdampak pada peningkatan tingkat suku bunga dan pada akhirnya berakibat pada penurunan output. Uang beredar akan mempengaruhi nilai tukarnya di masyarakat. Uang beredar banyak menyebabkan nilai tukarnya tinggi. Uang beredar sedikit menyebabkan nilai tukarnya rendah.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.